Prosedur Tanam Benang

Mengapa Dilakukan Prosedur Tanam Benang?

Rate this post

Tanam benang merupakan prosedur untuk membuat wajah tampak lebih kencang. Proses tanam benang di wajah caranya dengan menanam benang khusus ke bawah jaringan kulit. Benang tersebut yang akan menarik kulit wajah dari bawah, sehingga kerutan dan struktur kendur dapat hilang. Dengan begitu, wajah tampak kembali kencang.

Benang yang ditanamkan akan memicu tubuh memproduksi kolagen lebih banyak. Pasalnya tubuh akan menganggap benang sebagai benda asing. Ketika benda asing masuk, tubuh pun akan menganggap jika sudah terjadi luka sehingga mekanisme penyembuhan luka otomatis terjadi. Kolagen akan diproduksi pada proses penyembuhan luka ini.

Jenis Tanam Benang

Ada 2 jenis tanam benang yang biasanya dilakukan, yakni:

  • Tanam benang wajah yang merupakan prosedur penanaman benang pada wajah, seperti pada garis alis, garis rahang, dahi, area bawah mata, dan pipi.
  • Tanam benang hidung, yang merupakan penanaman benang di area hidung. Fungsinya tak hanya menstimulasi pembentukan kolagen, tapi juga mengubah posisi, bentuk, serta sudut hidung. Biasanya thread lift hidung dilakukan memakai benang PDO (Polydioxanone) yang dapat diserap secara sepenuhnya oleh tubuh manusia.

Selain itu, tanam benang pun bisa dilakukan pada payudara. Biasanya, prosedur tersebut dilakukan pada orang-orang yang baru mengalami penurunan berat badan yang cukup drastis.

Mengapa Perlu Dilakukan Prosedur Tanam Benang?

Metode tanam benang cocok untuk para wanita yang ingin tampil awet mudah, tanpa melakukan operasi pengangkatan wajah. Meskipun efeknya tak permanen, rangsangan produksi kolagen dapat dikatakan cukup untuk membuat kulit tampak lebih muda.

Harga tanam benang meniruskan pipi maupun lainnya pun relatif lebih mudah dibandingkan dengan prosedur sejenis. Risiko yang terkait dengan tindakannya juga lebih rendah, sehingga aman dilakukan.

Baca Juga:  5 Pertimbangan Penting Sebelum Memilih Metode Tarik Benang Untuk Wajah

Hasil thread lift akan tergantung pada elastisitas jaringan serta tipe kulit, jumlah dan lokasi penanaman. Efeknya wajah lebih terangkat serta kencang, bisa bertahan selama 18 bulan sampai 2 tahun.

Walaupun begitu, thread lift tak menggantikan tindakan filler yang untuk mengatasi penuaan. Kombinasi antara thread lift dan filler bisa berikan hasil baik, karena menstimulasi produksi kolagen yang mempertahankan keremajaan kulit.

Riset tahun 2017 menunjukkan efek thread lift bisa langsung dirasakan dalam beberapa hari setelah prosedur dilakukan. Setelah setahun, efek ini akan berkurang seiring dengan benang yang mulai terserap tubuh. Berikutnya, sekitar 3 tahun, efek akan menjadi hilang dan diperlukan tindakan ulang.

Perawatan setelah menjalani prosedur thread lift pun menentukan hasil perawatan. American Academy of Plastic Surgeons, organisasi bidang bedah plastik paling besar di dunia, menyatakan pasien tak perlu memakai pelembap harian pada minggu-minggu awal setelah dilakukan tindakan. Selain itu, posisi tidur yang terlentang mampu untuk mencegah benang berpindah tempat. Anda pun diingatkan untuk tak menggosok wajah, untuk mempercepat proses penyembuhan.

Efek tarik benang wajah yang baik adalah akan membantu membuat wajah tampak lebih awet muda. Namun, jika Anda ingin melakukan prosedur tersebut, tentunya harus di klinik yang sudah terpercaya dan profesional.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *