double chin

Mengenal Double Chin: 8 Penyebab dan Cara Mengatasi

Rate this post

Double chin atau dagu berlipat, atau lemak berlebih di bagian bawah dagu, adalah masalah yang umum terjadi pada banyak orang baik wanita maupun pria. Dagu berlipat dapat mengakibatkan seseorang menjadi tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri. Penting untuk diketahui bahwa double chin tidak hanya terjadi pada orang yang kelebihan berat badan, namun dapat juga akibat faktor lain, seperti genetika, penuaan, dan postur tubuh. 

Beberapa penyebab double chin, antara lain:

1. Kelebihan berat badan

Ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari double chin. Kelebihan lemak di seluruh tubuh dapat mengumpul di daerah dagu dan leher, menyebabkan double chin.

2. Genetika

Faktor genetika dapat memainkan peran penting dalam pembentukan dagu berlipat. Jika memiliki riwayat keluarga dengan double chin, kemungkinan mengalami double chin juga lebih rentan.

3. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit dan otot di daerah wajah cenderung kehilangan kekencangan dan elastisitas. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak di bawah dagu dan membentuk double chin.

4. Postur tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan otot leher dan dagu menjadi lemah, mempromosikan penampilan double chin.

Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang kecantikan dan kesehatan, para pakar berhasil menemukan teknik yang mampu menghilangkan dagu berlipat, diantaranya:

5. Diet seimbang

Memilih pola makan yang seimbang dan mengontrol asupan kalori dapat membantu mengurangi kelebihan lemak di seluruh tubuh, termasuk di area double chin.

Baca Juga:  3 Faktor yang Terbukti Mempengaruhi Berapa Lama Ketahanan Tarik Benang

6. Penanganan lemak non-bedah

Teknik non-bedah seperti Kybella atau lipolisis laser dapat digunakan untuk menghilangkan lemak di area dagu berlipat. Metode ini melibatkan injeksi enzim atau penggunaan laser untuk melarutkan lemak.

7. Pembedahan

Untuk kasus yang lebih ekstrem, pembedahan seperti liposuction atau lifting leher dapat menjadi opsi terakhir. Prosedur ini akan menghilangkan lemak dan mengencangkan jaringan di daerah dagu berlipat. Tindakan ini wajib diawali dengan konsultasi dengan dokter kecantikan yang kompeten. Pasien dapat mencoba perawatan tarik benang wajah Croquis, benang wajah berbahan dasar premium PDO asal Korea yang mampu bertahan hingga 12 bulan pasca tindakan. 

8. Perawatan kulit

Menggunakan krim atau serum yang mengandung bahan seperti retinol atau peptida dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi penampilan double chin.

Meskipun beberapa orang Masih mengalami double chin walaupun berat badan normal. Inilah mengapa penting untuk memahami penyebabnya dan mencoba berbagai cara untuk menghilangkannya. 

Jika dagu berlipat tergolong parah, dan tidak memberikan hasil yang diinginkan dengan perubahan gaya hidup dan perawatan non-bedah, solusi lain yang dapat dipertimbangkan adalah pembedahan. Liposuction atau lifting leher adalah dua prosedur yang umum dilakukan untuk menghilangkan lemak dan mengencangkan jaringan di daerah dagu berlipat. Namun, perlu diingat bahwa prosedur bedah memiliki risiko dan memerlukan pemulihan yang lebih lama, jadi pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan.

Selain itu, perawatan kulit yang tepat juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit di area dagu berlipat. Menggunakan krim atau serum yang mengandung bahan seperti retinol atau peptida dapat membantu merangsang produksi kolagen dan mengencangkan kulit.

Double chin bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kelebihan berat badan, genetika, penuaan, dan postur tubuh. Namun, dengan kombinasi perubahan gaya hidup, latihan, perawatan non-bedah, dan jika diperlukan, pilihan pembedahan, kamu dapat menghilangkan dagu berlipat dan mendapatkan tampilan yang lebih tirus dan kencang di daerah wajah dan leher. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli kecantikan untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik dan sesuai dengan kondisi tubuh, karena dokter dapat mengevaluasi situasi secara individual dan memberikan rekomendasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan. 

Baca Juga:  Facelift: Haruskah Dilakukan Secara Bertahap atau Cukup Satu Kali?

Jangan biarkan double chin menghalangi percaya diri anda ya, jangan lupa untuk menggunakan Croquis.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *