body thread lift

Kupas Tuntas 3 Fakta Body Thread Lift Untuk Tubuh Mempesona

Rate this post

Pengertian, Jenis Benang yang Digunakan, Prosedur, dan Efek Sampingnya

Body thread lift, atau tarik benang tubuh, merupakan prosedur kecantikan yang melibatkan penggunaan benang khusus untuk mengencangkan dan mengangkat kulit pada berbagai bagian tubuh. Prosedur ini mirip dengan tarik benang wajah, tetapi diterapkan pada area tubuh yang mengalami kendur atau kehilangan elastisitas.

Beberapa area tubuh yang dapat dilakukan body thread lift, antara lain:

  1. Area lengan. Tarik benang tubuh dapat diterapkan pada area lengan atas untuk mengencangkan kulit yang kendur atau mengurangi kerutan.
  2. Area perut. Tarik benang tubuh dapat membantu mengencangkan kulit dan memberikan efek peremajaan pada area perut.
  3. Paha dalam (inner thighs). Tarik benang tubuh juga dapat diterapkan pada bagian paha dalam untuk mengencangkan kulit yang kendur dan meningkatkan kekencangan pada area tersebut.

Body thread lift, benang khusus dimasukkan ke dalam lapisan kulit melalui jarum khusus. Benang ini kemudian ditarik untuk menciptakan efek pengencangan pada jaringan kulit. 

Benang yang digunakan dalam body thread lift biasanya terbuat dari bahan biodegradable, seperti polydioxanone (PDO), poli laktik (PLA), atau policaprolactona (PCL). Benang ini memiliki tekstur khusus yang memungkinkan mereka untuk melekat pada jaringan kulit dan memberikan dukungan struktural.

Perbedaan ketiga bahan dasar benang ini adalah: 

  1. Benang PDO (polydioxanone) adalah benang yang sepenuhnya terurai dalam tubuh dalam waktu tertentu. Benang ini merangsang produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit.
  2. Benang PLA (poly lactic acid) juga terurai secara alami dalam tubuh. Selain mengencangkan kulit, benang PLA merangsang produksi kolagen baru yang membantu dalam peremajaan kulit.
  3. Benang PCL (policaprolactona) memiliki tingkat penyerapan yang lebih lambat. Benang ini memberikan efek peremajaan yang lebih tahan lama dan menawarkan dukungan struktural yang lebih baik.
Baca Juga:  Apa yang Perlu Diketahui Facelift untuk Pria

Tujuan utama dari body thread lift adalah mengembalikan kekencangan dan mengangkat kulit yang kendur pada berbagai bagian tubuh diatas. Prosedur ini merangsang produksi kolagen dalam jaringan kulit, yang dapat meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit.

Body thread lift memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan prosedur bedah plastik tradisional. Ini adalah prosedur minimal invasif yang dilakukan dengan menggunakan jarum, sehingga akan mengurangi risiko komplikasi dan waktu pemulihan yang lebih lama. Hasil dari body thread lift umumnya tampak alami dan dapat bertahan selama beberapa bulan hingga satu tahun tergantung pada jenis benang yang digunakan dan metabolisme tubuh seseorang.

Namun, penting untuk dicatat bahwa body thread lift bukanlah pengganti untuk menurunkan berat badan atau mengubah bentuk tubuh secara drastis. Prosedur ini lebih difokuskan pada perbaikan kekencangan kulit dan efek peremajaan. 

Jika kamu mempertimbangkan body thread lift, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman dalam prosedur ini untuk mengetahui apakah itu adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan dan tujuan estetik.

Langkah-langkah umum dalam prosedur tarik benang tubuh, yaitu:

  1. Konsultasi. Pasien sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengevaluasi kecocokan tarik benang tubuh dan menentukan tujuan yang diinginkan.
  2. Pembiusan. Sebelum prosedur dimulai, area yang akan diperlakukan akan dibersihkan dan pasien akan diberikan anestesi lokal atau sedasi ringan untuk mengurangi ketidaknyamanan.
  3. Penyisipan benang. Dokter akan menyisipkan benang melalui jarum khusus ke dalam jaringan subkutan dan diatur sedemikian rupa hingga mencapai efek pengencangan yang diinginkan.
  4. Penyembuhan dan hasil. Setelah benang ditempatkan dengan benar, dokter akan menyelesaikan proses ini dan pasien dapat melihat hasil langsung setelah prosedur selesai, meskipun hasil akhirnya mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan karena produksi kolagen yang lebih tinggi.
Baca Juga:  3 Tips Menghilangkan Double Chin pada Remaja

Efek Samping Tarik Benang Tubuh

Tarik benang tubuh umumnya aman, tetapi seperti prosedur medis lainnya, beberapa efek samping mungkin terjadi, antara lain 

  1. Pembengkakan, memar, atau rasa sakit di area yang diperlakukan. 
  2. Infeksi atau peradangan.
  3. Benang keluar dari kulit atau patah.
  4. Hasil yang tidak memuaskan.
  5. Sensasi kemerahan atau gatal pada kulit.

Jika mengalami efek samping yang tidak biasa atau berkepanjangan setelah tarik benang tubuh, disarankan untuk segera menghubungi dokter yang melakukan prosedur tersebut.

Tarik benang tubuh memang berbeda dengan tarik benang wajah, namun saat ini banyak brand benang wajah yang juga menyediakan tipe untuk tarik benang tubuh. Untuk tarik benang wajah, kamu bisa mencoba benang Croquis. Cari info lengkap tentang benang wajah ini disini ya.  

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *