Manfaat Kolagen

9 Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit Wajah

Rate this post

Manfaat Kolagen – Kolagen merupakan protein yang diproduksi secara alami dari tubuh manusia. Umumnya kolagen ditemukan pada jaringan ikat, tulang rawan, tendon, darah, tulang dan kulit. Produksi kolagen pada tubuh dilakukan untuk menjaga kondisi kulit agar tetap sehat. Kolagen sendiri memiliki peran penting untuk regenerasi kulit, menjaga elastisitas kulit dan memastikan kondisi kulit untuk tetap terhidrasi.  

Penting bagi seseorang untuk menjaga kadar kolagen pada tubuh karena beberapa peran penting yang dimiliki oleh kolagen. Seiring bertumbuhnya usia, jumlah dan produksi kolagen dapat mengalami penurunan dan hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah pada kulit karena keadaan kulit yang rentan, seperti mengalami penuaan dini, kondisi kulit yang kering dan dehidrasi sehingga menyebabkan munculnya kerutan pada area kulit. 

Manfaat Kolagen untuk Kesehatan Kulit Wajah

Namun, bukan berarti di usia muda Anda saat ini Anda tidak akan mengalami penurunan kadar kolagen pada tubuh. Kebiasaan merokok, terkena paparan sinar matahari yang berlebihan, kurang istirahat, konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, gerakan ekspresi wajah yang terlalu berlebihan dan lainnya dapat menyebabkan Anda mengalami penurunan jumlah kolagen di tubuh. Untuk itu, penting bagi Anda dalam menjaga jumlah dan produksi kolagen pada tubuh Anda. Produksi kolagen dapat dijaga dengan mengkonsumsi makanan sehat sumber kolagen, melindungi kulit dari paparan sinar matahari berlebih, menggunakan produk skin care yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh dan melakukan beberapa perawatan wajah, salah satunya adalah dengan perawatan tarik benang.

Baca Juga:  Klinik Kecantikan Solusi Tepat Untuk Melakukan Perawatan Wajah

Dari penjelasan tersebut, dapat dilihat bahwa kolagen berperan penting dalam memberikan kulit yang cantik dan sehat, sehingga penting bagi manusia untuk menjaga kadar kolagen mereka. Lalu apa saja sih manfaat kolagen pada tubuh manusia? Yuk simak penjelasannya!

1. Meningkatkan Elastisitas Pada Kulit

Salah satu manfaat kolagen pada tubuh manusia adalah kolagen dapat meningkatkan elastisitas atau membuat kulit lebih kenyal. Kulit yang kenyal terasa lebih halus dan lembut serta sehat saat disentuh, berbeda dengan kulit yang tidak memiliki elastisitas, maka akan terasa kaku dan kasar ketika disentuh. Penting bagi Anda untuk menjaga elastisitas kulit dengan mengkonsumsi kolagen agar memiliki kulit yang lembut serta halus.

2. Mengencangkan Kulit dan Mengurangi Kerutan

Selain meningkatkan elastisitas kulit, kolagen juga bermanfaat untuk mengencangkan dan mengurangi kerutan pada kulit. Jika Anda melihat seseorang dengan kulit yang kendur dan muncul beberapa kerutan, maka dapat dikatakan kadar kolagen pada tubuhnya kurang. Dengan kadar kolagen yang cukup, Anda bisa mendapatkan tampilan kulit yang halus dan kencang tanpa adanya kerutan.

3. Membuat Wajah Terlihat Lebih Awet Muda

Manfaat Kolagen berikutnya mampu meningkatkan elastisitas kulit, mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan berkaitan dengan kolagen yang memberikan tampilan lebih muda pada kulit Anda. Umumnya terdapat banyak produk skincare yang menawarkan kolagen dengan manfaat anti-aging pada produk yang mereka miliki, Anda dapat menggunakan produk tersebut atau bahkan melakukan perawatan tarik benang untuk mendapatkan tampilan wajah yang lebih muda secara instan. 

4. Menjaga Hidrasi Pada Kulit

Penting bagi Anda untuk selalu menjaga kondisi hidrasi pada kulit Anda. Hidrasi pada kulit penting karena dapat memberikan kulit yang lembut ketika disentuh dan juga lebih sehat. Kondisi kulit yang kering dan kasar saat disentuh menandakan bahwa orang tersebut memiliki kadar kolagen yang kurang pada tubuh. Maka dari itu, jangan sampai Anda mengalami dehidrasi pada kulit, terutama kulit wajah ya.

Baca Juga:  Apa Itu Tarik Benang Pipi dan Manfaatnya untuk Kecantikan?

5. Menghilangkan Bekas Jerawat Pada Wajah

Wajah tanpa jerawat dan masalah lain pasti adalah impian semua orang, terutama para wanita yang sangat memperhatikan kondisi dan kesehatan kulit wajah mereka. Namun, jerawat merupakan salah satu masalah yang sulit untuk dihindari. Memiliki kulit berjerawat sendiri merupakan hal yang normal dan banyak orang mengalaminya, tetapi bekas dari jerawat sendiri dapat mudah hilang bila Anda memiliki kadar kolagen yang tinggi pada kulit wajah. 

6. Mempercepat Pemulihan Luka Pada Kulit

Selain bekas jerawat, luka yang ada pada bagian tubuh dan kulit juga dapat menjadi sumber masalah untuk Anda yang menginginkan kondisi kulit sehat sempurna. Kadar kolagen yang tinggi pada kulit mampu mempercepat proses pemulihan luka pada kulit tubuh maupun wajah. Tidak hanya memulihkan, kolagen juga mampu menghilangkan bekas luka tersebut sehingga Anda dapat memiliki kondisi kulit yang sehat dan sempurna tanpa ada bekas luka ataupun jerawat pada area manapun. Namun, bila Anda memiliki luka atau bekas luka yang tidak kunjung pulih, maka dapat dikatakan kondisi kulit Anda mengalami penurunan produksi kolagen.

7. Memberikan Warna Kulit yang Lebih Rata

Memiliki warna kulit yang tidak merata menjadi salah satu masalah utama dari merawat tubuh. Biasanya warna kulit tidak merata pada beberapa area wajah tertentu diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang hanya terkena di beberapa bagian tubuh yang tidak tertutup, seperti wajah, telapak tangan, bagian bawah kaki, leher dan lain-lain. Area kulit yang tidak terlindungi ini akan memiliki warna kulit yang lebih gelap sehingga mengakibatkan warna kulit yang tidak merata dengan bagian tubuh lainnya. Nah, kadar kolagen yang tinggi sendiri memiliki manfaat untuk mencerahkan warna kulit yang lebih gelap dan meratakan warna kulit Anda.

8. Mengurangi Selulit

Selulit atau mungkin yang familiar dengan sebutan stretch mark merupakan bekas luka yang berkembang ketika kulit Anda mengalami peregangan dan menyusut dengan sangat cepat. Perubahan mendadak pada kulit Anda dapat menyebabkan kolagen dan elastin menjadi pecah karena tidak mampu menyeimbangkan kulit dengan regangan kulit yang terjadi dalam waktu cepat. Nah, dengan kadar kolagen yang cukup pada tubuh, Anda dapat mengurangi selulit pada tubuh dan memberikan kulit tubuh yang lebih halus. Kolagen menghaluskan kulit dan mengurangi selulit dengan cara menguatkan lapisan dermis pada tubuh dan konsumsi kolagen secara cukup dapat meningkatkan elastisitas dan memberikan ketebalan pada kulit.  

Baca Juga:  5 Fungsi Penting Kolagen Untuk Kecantikan No 1 Paling Akurat

9. Dengan Melakukan Tarik Benang Croquis, Dapatkan 8 Manfaat Kolagen Pada Wajah Anda 

Setelah menjelaskan beberapa manfaat kolagen, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan produksi dari kolagen dan mendapatkan kadar kolagen yang cukup agar kulit tubuh, terutama kulit wajah Anda tampil sehat dan cantik setiap hari. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kadar kolagen yang cukup pada tubuh, dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang mengandung kolagen, seperti putih telur, daging ikan dan ayam, bawang putih, kaldu tulang, tomat, buah sitrus dan lainnya. 

Selain mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung kadar kolagen tinggi, Anda juga dapat meningkatkan kolagen dengan menggunakan produk skincare yang mengandung kolagen untuk dapatkan manfaat kolagen tersebut. Namun, bila Anda ingin meningkatkan kolagen secara cepat dan memiliki kecantikan dengan instan, maka Anda dapat melakukan prosedur perawatan tarik benang dengan menggunakan Croquis.

Croquis merupakan produk tarik benang nomor 1 pilihan dokter-dokter kecantikan di Indonesia. Benang dari Croquis dilengkapi dengan Barbs dan berfungsi untuk memberikan rangsangan pembentukan kolagen dan elastin yang baru pada kulit, sehingga mampu mengencangkan dan membuat kulit Anda tampak jauh lebih muda. Tertarik untuk mencoba? Kunjungi klinik kecantikan dengan produk Croquis terdekat di kotamu dan rasakan perbedaannya! 

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *