kesehatan

Double Chin dan Kesehatan: Fakta yang Perlu Diketahui

Rate this post

Double chin, atau lemak yang menumpuk di bawah dagu, adalah masalah kecantikan yang umum dialami oleh banyak orang. Banyak yang menganggap double chin sebagai masalah kecantikan semata, namun, ada fakta-fakta yang menunjukkan bahwa kondisi ini juga dapat berdampak pada kesehatan secara keseluruhan. 

Kita akan cari tahu apakah double chin berbahaya bagi kesehatan dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasi masalah ini, baca artikelnya hingga habis ya!

 

Double Chin: Apa yang Mendasarinya?

Double chin terjadi ketika lemak menumpuk di bawah dagu, menyebabkan area tersebut tampak lebih berlipat. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya double chin antara lain:

1. Kelebihan Berat Badan

Salah satu penyebab utama double chin adalah kelebihan berat badan atau obesitas. Lemak yang terkumpul di tubuh termasuk di area wajah dan leher, sehingga menyebabkan double chin.

2. Genetika

Faktor genetika juga dapat memainkan peran dalam kecenderungan seseorang untuk mengembangkan double chin. Jika memiliki riwayat keluarga dengan masalah double chin, kemungkinan juga lebih berisiko.

3. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kulit dan otot di sekitar area dagu dan leher dapat melemah, yang dapat menyebabkan terbentuknya double chin.

 

Potensi Bahaya Kesehatan

Double chin mungkin tidak langsung berbahaya bagi kesehatan, tetapi bisa menjadi indikator penting terkait masalah kesehatan yang lebih serius, seperti:

Baca Juga:  6 Tanda Penuaan Kulit yang Patut Anda Waspadai!

1. Masalah Kardiovaskular

Kelebihan berat badan yang menyebabkan double chin telah terkait dengan risiko lebih tinggi terhadap penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung dan stroke.

2. Gangguan Pernafasan

Double chin dapat menyebabkan obstruksi saluran napas saat tidur, yang dapat mengarah pada sleep apnea (gangguan pernapasan saat tidur) dan masalah pernapasan lainnya.

3. Kondisi Psikologis

Double chin dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang dan menyebabkan masalah psikologis seperti depresi atau kecemasan sosial.

 

Cara Mengatasi Double Chin

Jika double chin menyebabkan ketidaknyamanan atau ingin mengatasi masalah ini dari perspektif kesehatan, ada beberapa langkah yang dapat diambil, diantaranya:

1. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Upayakan untuk menjaga berat badan ideal melalui pola makan sehat dan olahraga teratur. Ini dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di area wajah, termasuk double chin.

2. Olahraga Wajah

Latihan khusus wajah seperti mengangguk, mengunyah permen karet tanpa gula, atau mengangkat dagu dapat membantu mengencangkan otot di area dagu dan leher.

3. Perawatan Non-Bedah

Ada beberapa prosedur non-bedah seperti kybella (injeksi untuk menghilangkan lemak di bawah dagu) atau terapi laser yang dapat membantu mengurangi double chin.

4. Konsultasi Medis

Jika memiliki double chin yang signifikan dan bermasalah, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan profesional medis untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai.

 

Salah satu perawatan yang mungkin disarankan dokter yaitu melakukan tarik benang, dan benang wajah yang saat ini sedang hits yaitu Croquis, tarik benang Korea berbahan dasar PDO dan mampu bertahan hingga 12 bulan. 

Double chin mungkin tidak merupakan ancaman langsung bagi kesehatan, namun dapat menjadi tanda peringatan tentang masalah kesehatan yang lebih serius. Penting untuk diingat bahwa kecantikan dan kesehatan seringkali saling terkait. 

Baca Juga:  5 Penyebab Sulit Mendapat Wajah Tirus

Tetaplah berfokus pada pola makan sehat, gaya hidup aktif, dan pemantauan kesehatan secara rutin untuk menjaga keseimbangan antara kecantikan dan kesehatan secara keseluruhan.

 

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *