Kulit cantik awet muda

Ternyata Inilah 4 Rahasia Awet Muda yang Sebenarnya

Rate this post

Kemajuan teknologi dan beragam teknik perawatan kecantikan, orang-orang terus mencari cara untuk memperlambat proses penuaan dan menjaga kulit tetap awet muda. Salah satu tren terbaru dalam industri kecantikan adalah tarik benang, meskipun teknik perawatan ini sudah cukup lama dikenal, namun prosedur ini semakin populer beberapa tahun terakhir. Tarik benang diklaim dapat memberikan efek peremajaan pada wajah dan tubuh dan membuat kulit wajah Anda tampak awet muda.

Apakah benar tarik benar mampu memberikan efek awet muda dan meremajakan kulit wajah? Cek penjelasannya disini hingga habis ya.

Apa itu Tarik Benang?

Tarik benang, juga dikenal sebagai “thread lift” dalam bahasa Inggris, adalah prosedur non-bedah di mana benang khusus dimasukkan ke dalam kulit untuk mengencangkan jaringan dan mengangkat area yang kendur. Benang ini sering terbuat dari bahan biokompatibel, Polydioxanone (PDO), yang akan terserap sempurna dalam tubuh seiring waktu. Tujuan dari tarik benang adalah untuk memberikan efek lifting yang mirip dengan facelift bedah tanpa perlu melakukan pembedahan invasif.

Tarik Benang untuk Kulit Awet Muda

Prosedur tarik benang diklaim dapat memberikan beberapa manfaat kosmetik, termasuk:

  1. Mengencangkan kulit kendur, mengurangi munculnya garis halus dan kerutan yang membuat kulit wajah Anda menjadi awet muda.
  2. Meningkatkan kontur wajah dengan mengangkat area yang kendur, seperti pipi dan alis.
  3. Merangsang produksi kolagen, protein yang penting untuk kulit awet muda.
  4. Mengurangi tanda-tanda penuaan di leher, lengan, dan area tubuh lainnya.

Penting untuk diingat bahwa efektivitas tarik benang dalam memberikan hasil yang diinginkan dapat bervariasi antara individu. Faktor seperti kondisi kulit, usia, dan jenis benang yang digunakan dapat mempengaruhi hasil akhir.

Baca Juga:  Kulit Wajah Kendur? Tarik Benang Bisa Jadi Solusi Terbaik Bagimu!

Fakta dan Penelitian Tarik Benang

Sementara tarik benang telah menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir, bukti ilmiah tentang keefektifannya masih terbatas. Beberapa penelitian kecil telah dilakukan untuk mengevaluasi hasil prosedur ini, tetapi sampel yang digunakan relatif kecil dan efek jangka panjang masih perlu diteliti lebih lanjut.

Dalam satu penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Dermatologic Surgery pada tahun 2018, sebagian besar partisipan melaporkan hasil yang memuaskan dalam jangka pendek setelah menjalani tarik benang. Namun, penelitian ini juga menyatakan bahwa hasil yang diperoleh tidak sebanding dengan efek yang diberikan oleh prosedur bedah seperti facelift tradisional.

Para ahli juga mengingatkan bahwa tarik benang bukanlah solusi permanen untuk perawatan penuaan. Efek tarik benang biasanya berlangsung selama 1-2 tahun, tergantung pada faktor seperti jenis benang yang digunakan, kondisi kulit, dan faktor-faktor individu lainnya. Setelah jangka waktu tersebut, mungkin diperlukan sesi pemeliharaan atau prosedur tambahan untuk menjaga hasil yang diinginkan.

 

Risiko Tarik Benang

Seperti halnya prosedur kosmetik lainnya, tarik benang juga memiliki risiko dan pertimbangan yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur ini. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah:

  1. Infeksi: Ada risiko infeksi terkait dengan prosedur ini. Penting untuk memilih dokter kecantikan yang kompeten dan profesional, terpercaya dan menggunakan benang yang steril untuk mengurangi risiko infeksi.
  2. Reaksi alergi: Beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi terhadap bahan benang yang digunakan. Akan lebih baik apabila kita mengetahui jenis benang yang digunakan. 
  3. Efek samping: Tarik benang dapat menyebabkan efek samping sementara, seperti bengkak, memar, dan sensasi yang tidak nyaman pada area yang diaplikasikan. Efek samping ini umumnya bersifat sementara dan akan mereda dalam beberapa hari atau minggu.
Baca Juga:  Wajib Tahu, Ini Tips Pilih Benang Wajah Untuk Hasil Optimal

Tarik benang dapat menjadi salah satu alternatif untuk meremajakan kulit, meskipun hasilnya belum dapat banyak dibuktikan secara ilmiah. Sebelum memutuskan untuk menjalani tarik benang atau prosedur kosmetik lainnya, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau praktisi yang berpengalaman dalam bidang tersebut karena akan memberikan informasi yang lebih terperinci tentang perawatan tarik benang ini secara menyeluruh. 

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *